Apple Luncurkan iPad Air Terbaru dan iPad Generasi Ke-8, Harganya?

Apple Luncurkan iPad Air Terbaru dan iPad Generasi Ke-8, Harganya?

Seperti yang diharapkan sebagian besar penggemar produk Apple, hal itu akhirnya menjadi kenyataan. Iya! Dalam acara yang digelar pada 15 September 2020 tersebut, Apple mengumumkan hadirnya dua iPad baru, yakni iPad Air dan iPad (Generasi ke-8).

Seperti yang dijelaskan Apple dalam presentasinya, iPad Air terbaru merupakan gadget pertama di dunia yang didukung chipset dengan fabrikasi 5nm. Sedangkan iPad (Generasi ke-8) merupakan tablet terbaru besutan Apple yang ditawarkan dengan harga lebih terjangkau.

iPad Air

Seri iPad Air dirancang sebagai jalan tengah antara iPad Pro dan lini iPad standar. IPad Air tahun ini tidak banyak berubah karena merupakan perangkat pertama yang diluncurkan oleh Apple dengan dukungan untuk chipset Apple A14 Bionic 5nm, yang benar-benar baru.

Dijelaskannya, didukung oleh CPU Hexa-core terbaru, chipset ini memiliki 11,8 miliar transistor dan menawarkan peningkatan kinerja CPU sebesar 40% dan peningkatan kinerja GPU sebesar 30%. Chipset baru ini juga menawarkan peningkatan 10x dalam pembelajaran mesin.

Mengenai tabletnya sendiri, Apple telah menggunakan desain baru. IPad Air terbaru menghilangkan bezel tebal untuk bingkai yang lebih ramping dan seragam. Desain baru ini juga menyebabkan hilangnya tombol TouchID di bagian bawah layar, dan kini memiliki home baru.

Iya! Apple telah memindahkan pemindai sidik jari ke bagian atas yang tertanam di bawah tombol power. Jadi saat pengguna menekan tombol power, iPad juga akan terbuka. IPad Air terbaru memiliki layar yang sedikit lebih besar dari model tahun lalu, tetapi masih tidak mendukung kecepatan refresh 120Hz yang tersedia di iPad Pro.

Apple mengatakan bahwa layarnya adalah retina cair dengan ukuran 10,9 inci. Namun, dengan bezel yang dipangkas, tablet akan lebih mudah dipegang. Layar sepenuhnya dilaminasi dan memiliki lapisan anti-reflektif, nada warna P3, dan dukungan True Tone.

Baca:  Canggih! TV Lawas Kini Bisa Jadi Smart TV dengan Mi TV Stick

Di sektor kamera, iPad Air baru hadir dengan kamera depan 7 MP f / 2.0 yang sama dan kamera belakang 12 MP f / 1.8 yang tersedia di iPad Pro. Tablet ini juga memiliki port USB-C dengan dukungan pengisian cepat 20W (pengisi daya 20W disertakan di dalam kotak).

Ada juga dukungan untuk Apple Pencil generasi ke-2, Smart Keyboard Folio, dan Apple Magic Keyboard. Baik! Untuk harga, iPad Air terbaru dijual seharga US $ 599 (Rp 8,9 juta) untuk versi 64 GB. Sedangkan versi 256GB dibandrol dengan harga US $ 749 (Rp 11,2 juta).

Jika konsumen menginginkan versi LTE, iPad Air terbaru dengan penyimpanan internal 64 GB dijual dengan harga US $ 729 (Rp10,8 juta). Sedangkan versi 256GB ditawarkan dengan harga US $ 879 (Rp 13 jutaan). Tablet ini mulai dijual pada Oktober 2020 dengan pilihan warna Space Grey, Silver, Rose Gold, Green, dan Sky Blue.