ASUS Chromebook CX9, Laptop Mewah dengan Intel Core-i7 & Standar Militer

ASUS Chromebook CX9
ASUS Chromebook CX9

SSelain memperbarui seri laptop Windows-nya, ASUS juga menghadirkan pembaruan ke lini laptop lain, termasuk perangkat yang menjalankan Chrome OS. Kali ini, pendekatan ASUS boleh dibilang berlebihan, karena spesifikasi yang dibawanya ASUS Chromebook CX9 terlalu mewah. Ini setara dengan laptop Windows premium.

Faktanya, umumnya Chromebook dengan Chrome OS hanya digunakan untuk pendidikan dan penggunaan bisnis sederhana. Mungkin ASUS ingin memastikan bahwa semua kelompok dapat dijangkau, termasuk power user yang benar-benar ingin menggunakan ekosistem Google secara keseluruhan.

Secara tampilan, ASUS Chromebook CX9 terlihat mewah, tipis dan tidak kalah bergengsi seperti seri ASUS ZenBook. Laptop ini hadir dalam warna abu-abu tua dengan bahan magnesium-alloy. Ketebalannya hanya 16mm, dengan berat hanya berkisar 997 gram, kurang dari satu kilogram.
Baca juga: ProArt StudioBook Pro 15, Laptop Workstation Ultra Portable dari ASUS

Keunggulan ASUS Chromebook CX9

ASUS Chromebook CX9

Jika terkesan rapuh, ASUS malah memastikan laptop ini bisa digunakan di hampir semua kondisi lingkungan. Alasannya adalah, ASUS Chromebook CX9 telah menerima sertifikasi MIL-STD 810H Amerika Serikat. Belum ada informasi detail mengenai sertifikasi ini, namun mestinya laptop ini cukup awet dan bisa digunakan di suhu ekstrim.

Dimensi layarnya 14 inci, dengan rasio screen-to-body mencapai 91% dan resolusi full HD. Desain ergo-lift masih digunakan, sehingga saat dibuka, keyboard atau keyboard agak dinaikkan agar nyaman digunakan. Di antara keyboard dan touchpad, terdapat sensor sidik jari yang terintegrasi dengan Windows Hello.

Didesain untuk penggunaan bisnis, ASUS Chromebook CX9 juga dilengkapi dengan chip Titan C, yang merupakan chip keamanan khusus yang disediakan oleh Google untuk perlindungan yang lebih baik. Meski tipis, port di kedua sisi laptop sudah lengkap, di antaranya Thunderbolt 4 USB-C, USB-A, slot kartu microSD, jack headphone hingga port HDMI.

Baca:  Teaser Asus Zenfone 6 Ungkap Kehadiran Desain Notch-Less Display

ASUS Chromebook CX9

Yang bisa dibilang terlalu mewah lainnya adalah pilihan prosesor yang disediakan. Menggunakan chip Intel Core generasi ke-11, ASUS Chromebook CX9 dapat diperoleh dengan prosesor hingga Core-i7. Meski tidak disebutkan opsi RAM dan penyimpanan yang akan dihadirkan kepada konsumen.

Untuk konektivitas maksimal, ASUS Chromebook baru ini mendukung Wi-Fi 6 dengan tambahan stabilizer ASUS WiFi. Laptop ini juga nyaman untuk konsumsi video, karena dilengkapi dengan total empat speaker terintegrasi yang ditingkatkan dengan sertifikasi dari Harman Kardon.

Menjalankan Chrome OS, ASUS Chromebook CX9 berjanji untuk mendapatkan pembaruan perangkat lunak setiap enam minggu, memastikan bahwa data di dalamnya dilindungi dengan perlindungan terbaru. ASUS belum mengumumkan harga dari Chromebook mewah ini, namun dipastikan akan mulai hadir pada kuartal kedua tahun 2021.

ASUS Chromebook Flip CX5 sama kuatnya

ASUS Chromebook Flip CX5

Untuk konsumen yang membutuhkan dimensi layar lebih besar, dihadirkan pula ASUS Chromebook Flip CX5. Laptop ini memiliki layar berukuran 15,6 inci dengan mekanisme layar berputar 360 derajat, yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Juga mendukung stylus, meski fitur ini tergolong opsional karena tidak termasuk dalam penjualan.

Memiliki dimensi yang lebih besar, ASUS Chromebook Flip CX5 dapat digunakan hingga 12 jam penggunaan dengan sekali pengisian daya. Ini juga berkat prosesor Intel generasi ke-11 yang lebih hemat daya, yang hadir dengan opsi grafis Intel Iris Xe. Laptop ini akan tiba lebih dulu pada kuartal pertama tahun ini.