Cara Mengembalikan Posting Foto yang Terhapus di Instagram

Hore! Sony Kembali Berikan Game PlayStation Gratis
Ilustrasi Instagram yang perlu dipertimbangkan untuk menyembunyikan jumlah suka (sumber: Pixabay)

DBaik berbisnis atau menampilkan personal branding di Instagram, profil bio adalah kunci untuk mendapatkan lebih banyak pengikut. Karena semakin banyak follower maka semakin banyak pula orang yang berpotensi membeli produk Anda. Dalam mengupdate biodata Instagram, pengguna dapat menghapus foto atau video yang tidak diinginkan. Hal itu dilakukan agar feed bisa kembali rapih, sehingga tampilan bio menjadi lebih segar dan berbeda.

Baca juga: Instagram Memperketat Interaksi Pengguna Dewasa dan Remaja

Selain itu, beberapa alasan seseorang menghapus foto karena jumlah suka yang rendah. Setiap pengguna menjadi kurang percaya diri untuk menunjukkan bio Instagram mereka kepada publik. Terkadang, foto yang memiliki kesan khusus terhapus secara tidak sengaja. Panik dan ketakutan yang dirasakan pengguna karena mengetahui fotonya telah dihapus.

Dapat Melindungi Pengguna Dari Penyusup

Instagram
Baru Dihapus dapat mengembalikan foto yang dihapus (Instagram)

Tak perlu khawatir, untuk mengatasi hal tersebut, Instagram telah mengeluarkan fitur "Baru Dihapus". Sebuah fitur yang membantu pengguna mengelola konten mereka. Pengguna dapat meninjau dan memulihkan konten yang dihapus di aplikasi Instagram. Melalui fitur ini, pengguna juga dapat dilindungi untuk membantu mencegah peretas menyusup ke akun Anda dan menghapus postingan yang telah dibagikan.

"Mulai hari ini, kami akan meminta masyarakat untuk memverifikasi terlebih dahulu bahwa mereka adalah pemegang akun yang valid saat menghapus atau memulihkan konten yang baru saja dihapus secara permanen," kata Instagram melalui laman resminya.

Baca juga: Diluncurkan di 170 Negara, Instagram Lite Mengurangi Penggunaan Kuota

Berbagai macam postingan seperti foto, video, reel, IGTV, dan story yang dapat dipilih pengguna untuk segera dihapus dari akun Anda dan dapat dipindahkan ke folder Baru. Cerita yang Dihapus dapat dikembalikan ke folder hingga 24 jam. Sedangkan untuk foto, video, reel dan IGTV akan otomatis terhapus 30 hari kemudian.

Baca:  15 Bio Instagram Keren + Menarik 2021, Serasa Orang Bijak!

Langkah-langkah untuk Mengembalikan Posting yang Dihapus di Instagram

Instagram
Tampilan yang Baru Dihapus (Tangkapan Layar Pribadi TL)

Untuk dapat mengakses konten yang telah dihapus, pengguna hanya perlu membuka profilnya kemudian mengklik tiga titik di pojok kanan atas. Setelah itu, pilih pengaturan dan lanjutkan ke Akun.

Dalam aplikasi yang telah diperbarui, menu Baru Dihapus dapat ditemukan. Dari menekan tombol itu, Anda dapat memulihkan atau menghapusnya secara permanen. Kemudian pilih postingan yang ingin Anda pulihkan dan pilih Pulihkan.

Baca juga: Ruang Live Instagram Memungkinkan Sesi Video Langsung untuk Hingga 4 Orang

Nantinya, pengguna hanya perlu melakukan proses verifikasi dengan memasukkan kode OTP (Kata Sandi Satu Kali) yang akan dikirim melalui SMS atau email berdasarkan nomor telepon pengguna di Instagram. Langkah selanjutnya pilih Konfirmasi. Melalui proses verifikasi ini, Anda dapat memastikan bahwa pemilik akun itu sendiri telah mengembalikan postingan dan story tersebut.