Google Dan Sosial Media Lemot, Telkom Group Pastikan Konektivitas Aman

Google Dan Sosial Media Lemot, Telkom Group Pastikan Konektivitas Aman

Jakarta, Selular.ID – Terkait pengaduan akses internet ke beberapa konten global pada Kamis (8/4) mulai sekitar pukul 10:20 WIB, Telkom Group memastikan konektivitas tidak mengalami kendala, artinya konektivitas berjalan normal baik di dalam negeri maupun internasional.

Vice President Corporate Communication Telkom Pujo Pramono menuturkan penurunan kualitas layanan ke beberapa konten global bukan karena terganggunya akses layanan atau konektivitas Telkom Group.

Baca juga: Telkom Hadirkan Data Center neuCentrIX Ulin Banjarmasin

“Pelayanan masih terpantau normal seperti biasa. Namun, mungkin ada gangguan dari sisi mitra konten global di mana Telkom Group menjadi salah satu pihak yang terkena dampak. Ini tidak hanya dirasakan di Indonesia tapi juga di negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia, ”kata Pujo kepada tim. Seluler Jumat (9/4) sore.

Kemarin, seperti diketahui, netizen menumpahkan keluhannya di platform media sosial dengan menyebut Indihome sebagai layanan milik Telkom Group, penyebab lemotnya Google, Youtube, Gmail dan lain sebagainya.

Namun berdasarkan data dari Google Downdetector memang mengalami kendala. Ribuan laporan telah dicatat, rata-rata pengguna mengeluh tidak bisa Gabung. Dan Youtube juga telah melaporkan bahwa akses tersebut tersendat oleh pengguna.

Dan tidak hanya di Indonesia, berdasarkan data ini, Singapura, Malaysia, Filipina, dan Vietnam juga mengalami nasib yang sama seperti WNI yang harus mengalami kendala dalam mengakses berbagai platform milik Google.

Baca juga: Layanan Telkom di NTT Kembali Normal

Pujo dalam hal ini memastikan layanan dari Telkom Group berjalan dengan aman terkendali, "Kami selalu berupaya meningkatkan kualitas layanan guna menghadirkan pengalaman terbaik bagi pelanggan," ujarnya.

Facebook Inc Juga Turun

Setelah Google dan platform mitranya turun, netizen pun mengeluhkan kesulitan akses Instagram. Dan hari ini Facebook Inc telah mengkonfirmasi bahwa layanan di platformnya termasuk Instagram dan Whatsapp telah pulih sepenuhnya setelah ribuan pengguna melaporkan masalah konektivitas.

Baca:  Spesifikasi dan Harga realme 7 & realme 7i

“Perubahan konfigurasi telah membuat layanan Facebook tidak tersedia untuk beberapa orang. Kami segera menyelidiki dan menyelesaikan masalah tersebut, "kata juru bicara Facebook dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari indianexpress, Jumat (9/4).

Baca juga: Telkom Bergabung dengan Konsorsium Kabel Laut dengan Facebook dan Keppel T&T

Sebelumnya pada hari Kamis, lebih dari 154.100 dilaporkan tidak dapat mengakses Facebook, 80.200 di Instagram dan 1.300 di Whatsapp. Dilaporkan di situs web pelacakan pemadaman Downdetector InstagramDown bahwa itu juga menjadi tren di Twitter.

Dan perlu Anda ketahui bahwa ini adalah kedua kalinya layanan Facebook mengalami crash dalam waktu kurang dari sebulan. Pada 20 Maret 2021, pengguna menghadapi gangguan di WhatsApp, Instagram, dan Facebook. Saat itu, banyak pengguna yang tidak dapat mengirim atau menerima pesan di WhatsApp, yang merupakan layanan perpesanan paling populer.

Dan yang perlu diketahui juga Google down juga pernah terjadi 2 kali pada tahun 2021. Sebelumnya hal ini pernah terjadi pada awal Januari lalu. Hingga saat ini belum ada informasi dari Google terkait masalah layanan yang dialaminya kemarin.

Hanya saja Google dalam konfirmasinya mengakui bahwa layanannya tidak bermasalah, dan apakah layanan tersebut mengalami masalah atau tidak, raksasa mesin pencari tersebut mengatakan dapat dipantau di dashboard https://www.google.com / appsstatus # hl = id & v = status.

Postingan Google dan Media Sosial Lambat, Telkom Group Pastikan Konektivitas Aman muncul pertama kali di Selular.ID.