Google Search Uji Coba Tampilkan Konten Video TikTok & Instagram

Google Search Uji Coba Tampilkan Konten Video TikTok & Instagram

MMungkin tak terhitung kali dalam sehari, kita melakukan pencarian lewat mesin pencari Google. Jika Anda ingin menggunakan komputer, smartphone Android atau iPhone, ketika Anda sedang mencari sesuatu, Anda selalu otomatis membuka browser atau aplikasi Google dan mengetikkan pencarian di kolom yang ada di dalamnya.

Setelah memasukkan kata kunci, umumnya Google akan menampilkan situs berita, pintasan ke video di YouTube hingga e-commerce lokal (jika yang Anda cari adalah produk). Untuk memudahkan pengguna dalam melakukan pencarian, Google Search saat ini sedang bereksperimen atau menguji metode baru. Dimana akan ditampilkan konten dari Instagram dan TikTok.

Baca juga: Berikut 10 Pilihan Pengguna Terbaik 2020 untuk Aplikasi Android di Google Play

Video TikTok & Instagram muncul di Google Penelusuran

Saad AK di Twitter: "Saya melihat carousel" Video Pendek "di perangkat seluler. Tapi tidak untuk setiap pertanyaan. Jarang saya kira. Query was: Biryani Sending to @rustybrick SIR. CC: @Suzzicks MAM. https://t.co/3Wf0FnPuxg ”/ Twitter

Dikutip dari Search Engine Roundtable, Google sebenarnya sudah menjajal tampilan "video pendek" sejak April lalu. Dimana ketika pengguna melakukan pencarian, Google akan menampilkan video pendek atau video awalan di YouTube. Tampil di carousel yang bisa kita geser secara horizontal.

Kemudian pada bulan November, seorang pengguna di Twitter kembali "mendapatkan" fitur tersebut saat mencari resep "biryani". Pada tweet di atas, Anda bisa melihat ada carousel di atas yang memberikan shortcut cepat ke beberapa video di YouTube. Tampilan ini ditampilkan secara acak untuk semua pengguna Google Penelusuran yang beruntung.

pencarian Google
Google Search yang mulai menampilkan konten video TikTok & Instagram (Sumber: GSMArena)

Kemudian beberapa hari yang lalu, muncul pengguna lain yang memiliki tampilan video pendek yang berbeda. Jika sebelumnya dari YouTube saja, kali ini sumber video yang ditampilkan lebih beragam alias dari Instagram dan TikTok. Dengan begitu, kami tidak perlu melakukan penelusuran dari setiap aplikasi. Cukup melalui Google Search, menambah kepraktisan.

Baca:  Mulai Tersedia, Ini Cara Membuat Toko di Instagram Buat Kamu Yang Berjualan

Saat pengguna memilih salah satu konten video yang direkomendasikan, aplikasi akan menampilkan tampilan situs di masing-masing platform ini, sebelum mengarahkan mereka untuk membuka aplikasi. Karena masih eksperimental, selain hanya segelintir orang yang bisa merasakannya, hasil pencarian saat ini masih sebatas tim olahraga di Amerika Serikat.

Masih dalam Tahap Uji Coba tanpa ada perkiraan resmi

Fitur short video carousel saat ini berbeda dengan yang ada di Google Discover yang hanya tersedia di beberapa smartphone Android. Ini juga berbeda dengan aplikasi iOS Google Search, dimana beberapa konten video dari partner Google seperti Forbes, USA Today, Vice dan lainnya ditampilkan.

Yang terbaru ini akan muncul ketika pengguna melakukan pencarian umum, dimana Google bertujuan untuk mengumpulkan konten media sosial berbasis video untuk ditampilkan di Google Search. Dikutip dari Tech Crunch, selain Instagram dan TikTok, Google juga akan menampilkan video dari kompetitor TikTok asal India (Trell) dan tentunya milik Google sendiri, YouTube.

Saat ini Google memang memprioritaskan fitur untuk hadir di platform mobile, dan tahapannya masih sangat awal dan terbatas. Dengan kata lain, hanya segelintir orang yang akan sampai ke percobaan ini, dan kata kuncinya masih terbatas. Hanya tersedia untuk aplikasi Google di ponsel cerdas, serta penelusuran di situs seluler.

Menurut teman Gizmo, haruskah Google menerapkan fitur ini? Yang pasti, pembuat konten di Instagram dan TikTok akan mendapatkan keuntungan, karena nantinya konten mereka akan terlihat atau ditemukan oleh pengguna internet pada umumnya. Tanpa perlu mengakses aplikasi atau akun masing-masing.