Jenis Sensor Kamera HP dan Beragam Kelebihannya

Jenis Sensor Kamera HP dan Beragam Kelebihannya

Jenis sensor kamera HP memiliki kelebihan masing-masing dengan ragamnya. Ketika kita mendengar kata kamera untuk sebuah ponsel, hal pertama yang terlintas di benak kita adalah jenis smartphone atau besaran resolusi yang disediakannya.

Namun, pernahkah Anda terpikir tentang sensor kamera canggih yang terdapat pada ponsel yang digunakan?

Sebenarnya salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas kamera pada sebuah smartphone bukanlah ukuran megapikselnya, tampilan layarnya atau produsen kameranya. Sensor kamera memiliki peran penting dalam menentukan kualitas kamera perangkat HP.

Jenis Sensor Kamera HP

Saat ini, hampir beberapa produsen smartphone saling berlomba-lomba menawarkan kamera dengan kualitas terbaik di smartphone mereka. Dengan kualitas kamera yang bagus dipercaya dapat meningkatkan nilai jual sebuah perangkat HP.

Saat ini perkembangan kamera smartphone mengalami peningkatan yang cukup pesat. Mulai dari jenis kamera VGA, megapiksel, hingga penggunaan sensor pada kamera smartphone yang cukup beragam.

Jenis sensor kamera smartphone berikut ini dapat menghasilkan gambar dengan kualitas tinggi, antara lain:

1. Exmor atau IMX 1855

Salah satu jenis sensor kamera HP dari Sony yang memiliki kualitas sangat baik. Dimana sensor berspesialisasi dalam pengambilan gambar serta tingkat cahaya yang sangat rendah. ini juga didukung periksa sensor kamera oleh departemen Quality Control (QC) sebelum dipasarkan.

Pada smartphone yang menggunakan sensor ini, mereka mampu mengambil gambar yang lebih jernih dan tajam meski di lokasi minim cahaya. Sensor IMX 1855 dibenamkan pada beberapa jenis smartphone dengan ukuran kamera minimal 20MP.

Jadi, bisa dibayangkan betapa bagusnya kualitas gambar yang diberikan. Sensor ini terbukti mendukung pengambilan gambar dalam kondisi minim cahaya.

2. Omnivision

Hadirnya sensor kamera Omnivision yang memiliki keunggulan terletak pada teknologi mengurangi benturan antar warna. Kemudian mampu mereduksi noise saat menggunakan kamera dalam kondisi minim cahaya.

Baca:  Rekomendasi Hp Gaming Murah 2 Jutaan

Perlu diketahui, untuk menggunakan kamera di tempat yang minim cahaya, maka Anda membutuhkan Flash Light untuk mendukung performa kamera.

Saat menggunakan lampu Flash tambahan, sering terjadi noise dan benturan antar warna. Namun, Anda tidak perlu khawatir, Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan sensor kamera Omnivision.

3. IMX

IMX juga merupakan jenis sensor kamera HP buatan Sony selain Exmor yang memberikan kemampuan pengambilan gambar low light.

Perbedaan antara IMX dan Exmor (IMX 1855) terletak pada batas ukuran kamera yang digunakan. Kalau di Exmor batas minimalnya 20MP, sedangkan seri IMX bisa mendukung penggunaan kamera dengan resolusi 13MP sampai 18MP saja.

Dalam hal ini, kombinasi sensor IMX dengan kamera 13MP hingga 18MP masih bisa masuk dalam kategori sangat baik. Dari segi keunggulan, kedua sensor kamera besutan Sony ini pada dasarnya memiliki spesifikasi yang sama. Dimana memang mampu memberikan gambar dengan kualitas prima, meski dalam kondisi minim cahaya.

4. ISOCELL

Isocell merupakan salah satu jenis sensor kamera HP buatan Samsung yang resmi dirilis pada tahun 2013. Sensor jenis ini dibenamkan pada beberapa ponsel seri Samsung Galaxy A, S, dan J.

Nggak mau kalah dengan IMX 1855, sensor ISOCELL tidak hanya terdapat di perangkat Samsung, tapi juga di beberapa merk smartphone lainnya. Seperti Lenovo, Xiaomi, dan lain sebagainya.

Keunggulan sensor ISOCELL dari Samsung ini adalah memiliki keunggulan memisahkan piksel yang ditangkap oleh kamera ponsel dalam kelompok kecil. Dengan demikian pengguna akan mendapatkan hasil yang lebih tajam dan jernih.

Selain itu, sensor kamera HP jenis ini juga dapat memberikan reproduksi warna yang lebih jernih dan menyerupai aslinya jika di sesuaikan dengan panel layar dengan kualitas yang sebanding.

Baca:  Tumbuh Sangat Cepat, realme Telah Menjual 50 Juta Smartphone

Pemilihan sensor di perangkat HP sesuai dengan ukuran kamera dan kualitas panel layar yang disematkan. Sehingga bisa menjadi perpaduan yang serempak dan menghasilkan kualitas gambar yang maksimal.

Postingan Jenis Sensor Kamera HP dan Berbagai Manfaatnya muncul pertama kali di Dunia Teknologi.