Laporan nPerf: Smartfren Unggul Latensi Rendah, Telkomsel Jadi Tercepat

paket-indovision-internet-header

paket-indovision-internet-header

Gadgetren – Sebagai operator seluler, Telkomsel dikabarkan memimpin sebagian besar indikator kecepatan internet di Indonesia, termasuk kecepatan download, upload, browsing, dan streaming YouTube.

Informasi tersebut terangkum dalam penelitian bertajuk Barometer Sambungan Internet Seluler di Indonesia, Laporan 2020 yang dilakukan oleh perusahaan penguji crowdsource untuk jaringan Telco asal Perancis bernama nPerf.

Berdasarkan riset, Telkomsel memiliki kecepatan unduh 8,26Mbps / detik, lebih tinggi dari Smartfren 7,28Mbps / detik, Indosat Ooredoo 5,80Mbps / detik, XL Axiata 5,67Mbps / detik, dan Tri 5,19Mbps / detik. kedua.

Telkomsel juga yang tercepat dalam hal upload (upload) 5,04Mbps / detik, disusul operator Tri 3.92Mbps / detik, Indosat Ooredoo 3,57Mbps / detik, XL Axiata 3,54Mbps / detik, dan Smartfren 2,29Mbps / detik.

Sementara untuk performa browsing dan streaming YouTube, Telkomsel juga mengungguli empat operator lainnya dengan skor rata-rata masing-masing 35,3% dan 62,9%. Namun, dalam hal latensi, Telkomsel telah turun levelnya di bawah Smartfren sebesar 60,6ms.

Sedangkan Smartfren memimpin sebagai operator dengan latency terendah mencapai 57.2ms yang baik untuk bermain game dan mengakses jaringan 4G dan 4G +, disusul oleh XL Axiata dengan latency 68.25ms, Tri 69.20ms, dan posisi terakhir ada Indosat Ooredoo 77.40ms .

nPerf-Latency-2G-4G-Mobile-operator-Indonesia

"Ketika kami melihat kecepatan unduh, kami melihat bahwa sebagian besar operator seluler menyediakan kecepatan yang dibatasi untuk penggunaan intensif seperti video streaming dalam definisi tinggi, "tulis nPerf dalam laporan tertulisnya.

Hasil laporan nPerf tahun 2020 didasarkan pada pengujian 1.682.019 koneksi pengguna dengan aplikasi seluler iOS dan Android di Indonesia. Kemudian nPerf melakukan filtering kembali dan mendapatkan data final yang kemudian diambil sebanyak 1.178.027.

nPerf-Unduh-bitrate-rata-rata-jam-hari.

Skor target laporan juga diklaim oleh nPerf untuk mencerminkan pengalaman pelanggan dalam menggunakan kelima operator seluler ini. Selain itu, nPerf juga menyertakan grafik grafik per bulan untuk tahun 2020 di Jakarta yang menggambarkan kemampuan operator seluler untuk mempertahankan kecepatan unduh yang stabil sepanjang tahun, terlepas dari beban jaringan.

Baca:  Wajib Tahu, Inilah Jenis-Jenis KITAS yang Terdapat di Indonesia

Mengacu pada grafik tersebut terlihat bahwa Smartfren telah mempercepat kecepatan unduh pada paruh kedua tahun 2020. Selain itu, nPerf menjelaskan pada grafik per hari 2020 di Jakarta disimpulkan bahwa semua operator menurunkan kecepatan unduh dari pukul 18.00 – 22.00 pada pukul malam.

Baca lebih lanjut tentang gadget di gadgetren.comPostingan Laporan nPerf: Smartfren Unggul Latency Rendah, Telkomsel Jadi Yang Tercepat Muncul Pertama Kali di Gadgetren.