macOS Big Sur Resmi Dirilis, Bawa Fitur Baru & Peningkatan Keamanan

macOS Big Sur
macOS Big Sur

SUsai menggelar acara peluncuran lini baru komputer Mac dengan chipset Apple M1, Apple kemudian meresmikan software Mac versi barunya, macOS Big Sur. Sistem operasi terbaru ini, yang diperkenalkan bersama dengan iOS 14 dan iPadOS 14, hadir dengan fitur baru dan antarmuka pengguna yang disempurnakan.

Dioptimalkan untuk Apple M1, macOS Big Sur Hadir pula untuk jajaran MacBook Pro, MacBook Air, Mac Mini dan iMac lainnya yang masih menggunakan chipset dari Intel. Berbagai penyempurnaan hadir, mulai dari browser Safari yang lebih canggih, fitur pada aplikasi messaging dan map, hingga fitur keamanan yang disempurnakan, yang lebih transparan saat mengakses data pengguna.

Secara user interface, perubahan yang dihadirkan di macOS Big Sur sebenarnya tidak terlalu signifikan, namun cukup banyak hal kecil yang berubah dari palet warna yang digunakan hingga sudut ikon dan elemen di dalamnya.

Baca juga: iOS 14.2 & iPadOS 14.2 Menghadirkan Lebih dari 100 Emoji Baru

macOS Big Sur Hadirkan Pusat Kontrol dari iOS

Pusat Kontrol macOS Big Sur

Yang paling signifikan adalah hadirnya Control Center baru yang dibuat familiar terutama bagi mereka yang menggunakan iPhone atau iPad. Pengguna dapat mengakses fitur-fitur seperti Do Not Disturb, konektivitas Wi-Fi dan lainnya, hingga kecerahan lampu latar keyboard langsung dari sini. Semuanya tertata rapi dan terlihat lebih modern daripada daftar berbasis teks di versi perangkat lunak sebelumnya.

Pusat notifikasi juga telah diperbarui dan dibuat lebih interaktif, dikombinasikan dengan widget yang terlihat identik dengan iOS 14. Ini akan sangat memudahkan pengguna yang menggunakan ekosistem perangkat Apple, sehingga mereka memiliki pengalaman yang konsisten di berbagai perangkat. jenis perangkat. Elemen lain seperti warna dan jenis tombol juga dibuat lebih konsisten.

Baca:  Eksekutif Redmi Mengisyaratkan Perangkat Baru Akan Tiba Pada Bulan April

Selain tampilan, Apple juga telah mengupdate browser Safari di macOS Big Sur, yang paling signifikan sejak pertama kali dirilis tahun 2003. Mesin JavaScript-nya mampu membuka situs yang biasa diakses 50% lebih cepat dari Google Chrome. Di Mac baru dengan Apple M1, kecepatannya 1,5 kali lebih cepat dan 2 kali lebih responsif. Hadirkan dukungan 4K HDR untuk situs streaming seperti YouTube dan Netflix.

Halaman awal juga bisa dibuat lebih personal dengan gambar latar belakang yang bisa diganti, ditambah Daftar Bacaan dan Tab iCloud. Dan dengan fitur terjemahan built-in, Safari bisa menerjemahkan tujuh bahasa secara langsung. Tampilan daftar tab juga dibuat lebih sederhana dengan tampilan pratinjau yang lebih baik.

Memprioritaskan Privasi Data, macOS Big Sur Dapat Diunduh

Privasi data MacOS Big Sur

Fitur-fitur yang ada di aplikasi Messages juga bisa dibilang lengkap layaknya iOS 14, di mana pengguna bisa membuat Memoji langsung dari perangkat Mac miliknya. Dan di penghujung tahun, Mac App Store akan menampilkan dengan jelas data apa saja yang diakses dari setiap aplikasi yang akan diunduh, dengan mudah dan terinspirasi dari munculnya label nutrisi pada kemasan makanan.

Pembaruan perangkat lunak macOS Big Sur tersedia mulai hari ini, dan pengguna Mac dapat mengunduhnya langsung secara gratis. Mengingat ini adalah pembaruan besar, pastikan Anda memiliki daya baterai yang cukup dan koneksi internet yang lancar.

macOS Big Sur tersedia untuk iMac 2014 dan lebih baru, MacBook Air 2013 dan lebih baru, MacBook Pro 2013 dan lebih baru, MacBook 12 dan beberapa rilis lainnya Mac Pro, iMac Pro dan Mac mini. Untuk daftar lengkapnya, sobat Gizmo bisa melihatnya di bagian bawah halaman resminya di bawah ini.

Baca:  Transformasi Internet Banking, PermataBank Hadirkan Lebih dari 200 Fitur