Sering salah, Ini Perbedaan RAM dan ROM di Smartphone

perbedaan ram dan rom

Kitakini.news – Jika Anda ingin membeli smartphone, biasanya fitur yang ditawarkan adalah fisik, kualitas kamera, sidik jari, ID Wajah atau Pengisian Nirkabel. Selain fitur-fitur tersebut, Anda membutuhkan smartphone yang dapat digunakan dalam jangka waktu lama, sehingga penting untuk membandingkan kapasitas RAM dan ROM.

Jenis memori yang paling umum pada ponsel adalah memori utama (RAM), sedangkan memori atau penyimpanan internal disebut ROM. Namun, banyak juga yang masih bingung membedakan RAM dan ROM (Memori Hanya Baca).

Kemiripan kedua nama tersebut membuat penggunanya sering salah paham dan diabaikan. Ternyata RAM dan ROM itu berbeda. Supaya kamu tidak salah beli, berikut perbedaan RAM dan ROM pada smartphone yang harus kamu ketahui.

Definisi RAM dan ROM

Memahami RAM pada Smartphone

RAM adalah singkatan dari Memori Akses Acak. RAM merupakan perangkat memori yang berguna untuk menyimpan data perintah dari aplikasi atau sistem dengan cepat. RAM juga berfungsi untuk menyimpan data dari aplikasi saat sedang berjalan. Dengan RAM, sistem dan aplikasi dapat berjalan dengan lancar dan merespon perintah pengguna dengan baik.

RAM HP termasuk memori itumenyimpan data dan perintah dari program yang tidak tetap, atau dapat berubah sewaktu-waktu. Jadi, RAM adalah memori penyimpanan data program yang dibutuhkan aplikasi saat bekerja.
Data yang dibutuhkan aplikasi saat berjalan akan dipanggil dari RAM. Saat aplikasi ditutup, semua data aplikasi di RAM akan dihapus.

Memahami ROM di Smartphone

ROM adalah singkatan dari Memori Hanya Baca. ROM adalah perangkat memori yang berfungsi untuk menyimpan dan membaca data. Data di ROM bersifat permanen, artinya tidak akan hilang dan tidak berubah sendiri sekalipun smartphone dengan disabilitas. Jadi, ROM ponsel berfungsi untuk menyimpan aplikasi dan sistem yang bersifat permanen.

Saat aplikasi atau sistem dijalankan, data yang dibutuhkan untuk pekerjaan akan dibaca melalui ROM. Selain untuk menyimpan data yang bersifat permanen, ROM Android juga berguna untuk menyimpan berbagai data di luar sistem seperti video, foto, musik, dokumen digital, dan lain sebagainya.

Baca:  TV Pintar untuk di Teras Sudah Hadir di Indonesia, Dijual Mulai Rp73 Juta

Fungsi pada Ponsel Cerdas

Jika melihat penjelasan di atas sudah jelas perbedaan antara RAM dan ROM aktif Smartphone. Perbedaan paling menonjol dalam fungsi keduanya adalah RAM digunakan untuk menyimpan data acak dari aplikasi dan sistem saat bekerja.

Sedangkan ROM berguna untuk menyimpan data aplikasi, sistem dan di luar sistem yang lebih tetap. Memori RAM akan terisi dan dihapus secara otomatis saat aplikasi sedang berjalan. Jika daya terputus, semua memori di RAM akan hilang.

Berbeda dengan RAM, ROM berfungsi untuk menyimpan data yang bersifat permanen dan tidak dapat dihapus secara otomatis saat aplikasi ditutup dan kehilangan daya. Di smartphone, Fungsi RAM adalah untuk menjaga aplikasi dan sistem berjalan dengan lancar dan merespons. Saat fungsi ROM aktif smartphone adalah menyimpan data aplikasi permanen dan data lainnya, misalnya video, foto, musik, dan sebagainya

Perbedaan antara RAM dan ROM di Ponsel Cerdas

Setelah kita melihat perbedaan antara RAM dan ROM dari segi pengertian dan fungsinya, berikut adalah perbedaan dari poin-poin berikut ini:

1. Kebutuhan Arus Listrik

RAM Android membutuhkan listrik untuk beroperasi. Tanpa aliran ini, RAM tidak bisamenyimpan dan mengubah data yang disimpan di dalamnya secara langsung. Jika tidak ada daya, memori di RAM akan langsung hilang.

Sedangkan HP ROM dapat menyimpan data secara terus menerus tanpa bantuan listrik. Seperti video yang Anda simpan di ROM, itu tidak akan hilang smartphone matikan.

2. Data Tersimpan

RAM berguna untuk menyimpan data sementara. Sedangkan ROM menyimpan data yang bersifat permanen. Data yang disimpan dalam RAM tergantung pada aplikasi dan sistem yang sedang beroperasi. Semakin banyak aplikasi yang digunakan, semakin banyak data yang disimpan dalam RAM. Data yang tersimpan di RAM akan hilang jika ponsel dinonaktifkan.

Baca:  Punya Banyak Fitur Kamera, OPPO Reno5 F Mampu Hasilkan Video dan Foto Menarik

ROM yang menyimpan data utama yang dibutuhkan oleh sistem dan aplikasi bersifat permanen. Data yang tersimpan di ROM tidak akan hilang meski ponsel dinonaktifkan. Data sistem pada ROM hanya dapat dibaca tetapi tidak dihapus. Jika Anda menghapus semua data di ROM, itu berarti akan merusak Android Anda. Selain untuk menyimpan data sistem, ROM berguna untuk menyimpan data di luar sistem.

Kesimpulannya, perbedaan keduanya dari segi fungsi yang paling menonjol adalah RAM untuk menyimpan data sementara, sedangkan ROM untuk menyimpan data pendukung sistem yang permanen secara lengkap.

Kapasitas

3. Kapasitas RAM vs ROM

RAM memiliki kapasitas lebih kecil dari ROM. Karena memori RAM hanya berfungsi untuk menyimpan data secara permanen. Jadi, jumlahnya tidak akan pernah lebih besar dari kapasitas ROM
Smartphone saat ini memiliki RAM berkapasitas 2 GB hingga 8 GB.

Sedangkan ROM HP memiliki kapasitas yang lebih besar dari RAM, bahkan bisa berlipat ganda. Seperti Android yang memiliki kapasitas memori ROM mulai dari 16 GB hingga 512 GB.

Penyebab kapasitas ROM pada Android lebih banyak daripada RAM karena ROM juga menyimpan data lain, tidak sekedar menyimpan data sistem secara rutin. ROM juga berperan dalam menyimpan data di luar sistem.
Jelas bahwa yang membedakan keduanya adalah ada kapasitasnya. Jadi jika Anda membaca spesifikasinya Smartphone dan lihat tulisan "6GB / 128GB", artinya hp tersebut memiliki RAM 6GB dan ROM 128GB.

Penulis: Qurairah Urbana

Postingan yang Sering Salah, Inilah Perbedaan RAM dan ROM di Smartphone yang Muncul Pertama Kali di Kitakini News.