TikTok Ajak Guru Indonesia Bikin Video Pendek untuk Pendidikan

TikTok Ajak Guru Indonesia Bikin Video Pendek untuk Pendidikan

Tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Terkait hal tersebut, TikTok mengumumkan kerja sama dengan Guru Indonesia & # 39; Asosiasi (IGI) dan Jaringan Sekolah Digital Indonesia (JSDI) menggelar lokakarya webinar bertajuk "Memaksimalkan Platform Video Pendek untuk Pendidikan".

Workshop sengaja diadakan untuk memberikan pengetahuan dan manfaat penggunaan aplikasi digital khususnya TikTok kepada lebih dari 1000 guru di seluruh Indonesia. Iya! Ini salah satu solusi yang ditawarkan TikTok untuk mendukung pembelajaran jarak jauh yang saat ini sedang digalakkan oleh pemerintah.

Seperti yang diungkapkan oleh Ramli Rahim, Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) dan Jaringan Sekolah Digital Indonesia (JSDI), adopsi teknologi dalam dunia pendidikan merupakan suatu keniscayaan, yang akhirnya didorong oleh pandemi ini.

“Guru harus selalu belajar mengikuti perkembangan teknologi, agar dapat terus menyampaikan bahan ajar yang efektif kepada siswa. Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan memanfaatkan teknologi digital itu sendiri yang saat ini sedang berkembang pesat,” kata Ramli.

Untuk mendukung kebutuhan para guru tersebut, TikTok Indonesia bersama dengan IGI dan JSDI akan mengadakan webinar di 10 kota di seluruh Indonesia. Webinar ini akan memberikan pengenalan TikTok, pembuatan konten, keamanan digital, dan penggunaan platform untuk mendukung kegiatan belajar mengajar bagi para guru.

Diadakan mulai Desember 2020, webinar ini diharapkan menjangkau lebih dari 1000 guru. Guru Indonesia & # 39; Asosiasi dan Jejaring Sekolah Digital Indonesia selaku guru, dosen dan pemerhati pendidikan di Indonesia menyambut baik kerjasama ini.

“TikTok adalah platform yang digunakan oleh banyak pelajar. Dengan berlatih membuat konten di TikTok untuk mendukung kegiatan mengajar, guru dapat merangkul dan menjangkau siswa dengan lebih efektif, ”tambah Ramli.

Baca:  Ingin Lebih Kompetitif di Entri Level, Samsung Klaim Masih Memimpin Pasar Indonesia

Hal senada juga ditegaskan Angga Anugrah Putra, Head of User and Content Operations TikTok Indonesia. Ia mengatakan, TikTok memahami betapa tantangan dunia pendidikan, khususnya para guru di era pandemi yang belum tuntas.

“TikTok berharap melalui kerjasama ini dapat mendukung para guru, dosen dan pelaku pendidikan lainnya untuk dapat memaksimalkan penggunaan video pendek sebagai media alternatif kreatif yang mudah dipahami oleh generasi muda Indonesia,” jelas Angga.

Webinar "Memaksimalkan Video Pendek untuk Pendidikan" adalah bagian dari program #SamaSamaBelajar yang diluncurkan oleh TikTok Mei lalu. Program yang mendorong konten berbasis pendidikan atau keterampilan ini telah mendapatkan lebih dari 35 miliar penayangan dan menghadirkan konten pendidikan sebagai salah satu konten teratas di TikTok.