vivo Y52s, Smartphone 5G Rp3 Jutaan dengan Prosesor Dimensity 720

vivo Y52s
vivo Y52s

SSetelah Vivo Indonesia merilis Vivo Y51 beberapa waktu lalu, pabrikan yang berbasis di Dongguan ini juga belum lama ini juga memperkenalkan produk lain di negara asalnya. Termasuk di segmen kelas menengah, vivo Y52s alternatif smartphone terjangkau dengan kemampuan jaringan 5G, didukung oleh chipset dari MediaTek.

Bocoran mengenai tampilan Vivo Y52s sendiri sudah muncul sejak pekan lalu, namun kali ini baru muncul secara resmi. Desainnya sendiri tak jauh beda dengan Vivo V20, apalagi rangka kamera belakangnya serupa. Hanya saja, pengaturan kamera depan dan belakang jauh lebih simpel, meski kali ini sudah support 5G.

Vivo Y52s hadir dalam tiga pilihan warna; Gray, White dan Gradient yang terlihat seperti warna hero dari Vivo V20. Tampilan bodi belakang cenderung polos, tidak ditemukan sensor sidik jari. Seperti smartphone Vivo terbaru lainnya, Vivo Y52s hadir dengan profil yang tipis dan ringan.

Baca juga: Vivo Perkenalkan OriginOS 'UI Terbaru, Akan Hadir di Lebih dari 30 Perangkat

Spesifikasi Vivo Y52s, hanya punya tiga kamera

vivo Y52s

Beratnya 185 gram, dengan ketebalan hanya 8,4mm. Bodi belakang menempel pada rangka atau samping, yang sepertinya terbuat dari bahan plastik. Sementara di bagian depan, desain kamera depan masih menggunakan water drop notch. Layar mendukung kecepatan refresh tinggi 90Hz.

Dimensinya cukup besar yaitu 6,58 inci, dengan resolusi full HD +. Namun panelnya tetap bukan AMOLED, melainkan LCD. Sehingga sensor sidik jari tidak bisa disematkan di layar alias di bodi samping kanan. Layar tersebut mendukung standar konten HDR10, dan dilengkapi dengan "pelindung mata pintar" untuk melindungi kesehatan mata pengguna.

Bukan empat atau tiga, jumlah sensor kamera di bagian belakang hanya dua. Sensor utamanya memiliki resolusi 48MP, sedangkan sensor sekundernya adalah sensor kedalaman 2MP. Keduanya disertai flash, tanpa ultra-wide atau makro. Sepertinya Vivo hanya ingin menghadirkan smartphone 5G termurah, sehingga sektor ini hadir dengan sederhana.

Baca:  Redmi 9 Vs realme C11 – Mana Yang Lebih Unggul?

Pun dengan kamera depannya yang hanya beresolusi 8MP. Untuk dapur pacu, Vivo Y52s menggunakan chipset Dimensity 720 octa-core dari MediaTek. Ada dua kapasitas RAM yang dapat dipilih; 6 GB & 8 GB. Sedangkan opsi penyimpanan internalnya hanya 128GB. Ponsel cerdas ini juga belum menjalankan Android 11.

FuntouchOS 10.5 yang berjalan dari default masih berbasis Android 10. Vivo menghadirkan fitur beautify yang bisa tetap aktif meski digunakan di aplikasi pihak ketiga seperti WeChat. Dan dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh, dukungan fast charging juga tidak istimewa. Hanya 18 watt melalui port USB-C di bagian bawah.

Harga Vivo Y52s relatif murah

vivo Y52s

Di Tiongkok, vivo Y52s dijual dengan harga yang cukup menarik. Varian paling murah dibandrol dengan harga CNY1.598 atau sekitar Rp 3,4 jutaan. Sedangkan untuk RAM 8GB dibanderol CNY1,798 (Rp 3,8 juta). Penjualan dimulai pada 7 Desember 2020 kemarin.

Meski pengaturan kameranya simpel, mungkin smartphone ini tetap akan diminati jika konsumen mencari dukungan 5G. Namun jika dihadirkan di Indonesia tentunya akan kalah dengan kompetitor lain yang memiliki fitur kamera lebih lengkap, atau teknologi charging yang lebih canggih.